Saturday, October 13, 2018

Cara Merawat Ayam Aduan Yang Masih Berumur 3 Bulan


Merawat Ayam Aduan Yang Berumur 3 Bulan Agar Tumbuh Dengan Optimal

Melihat bagus atau tidaknya kualitas yang ada pada ayam sebenarnya semua berpengaruh kepada orang yang merawat ayam tersebut dan makanan yang disediakan tersebut ketika ayam masih menginjak usia dini. Salah satu hal penting yang harus diketahui oleh seorang peternak ayam adalah pakan makanan yang diberikan pada ayam tersebut yang masih tergolong memiliki kandungan vitamin yang baik buat tubuh. Memang memiliki sebuah keunggulan yang lebih dimana ketika ayam yang masih berusia dini mencerna vitamin dan gizi yang ada pada makanan tersebut agar ayam dapat bertumbuh menjadi lebih optimal.

Merawat ayam yang masih diusia yang dini memang terlihat cukup mudah sebenarnya dan terkadang juga banyak peternak yang teliti merawat ayam tersebut hingga menanggapi bahwa merawat ayam yang masih usia dini gampang-gampang susah. Ketika proses perawatan salah langkah maka semuanya akan hancur berantakan dan ayam aduan tersebut tidak lagi menjadi bagian yang memiliki pertumbuhan yang optimal. Untuk itu apalagi ayam sudah masuk ke 3 bulan para peternak harus sangat teliti merawat ayam aduan ini agar bisa tumbuh menjadi ayam yang berkualitas dan menjadi ayam yang agresif dalam bertarung.

Daftar Pakan Makanan Untuk Ayam Aduan Yang Berumur 3 Bulan

1. Ayam Diberikan Pakan Voer
Untuk ayam yang baru menetas dan kira-kira mempunyai umur baru 2 bulan sudah dapat diberikan pakan makanan voer yang kode 592 yang dimana pakan ini khusus bagi ayam aduan. Voer yang memiliki kode 592 sangat bagus terutama untuk anak ayam yang masih sangat senja sekali dan karena pakan makanannya yang kecil serta mudah dicerna oleh anakkan ayam yang masih berumur senja. Para peternak juga memberikan nasi sesekali untuk anakkan ayam tersebut agar mendapat asupan yang lebih lagi dan juga dari air minum yang diberikan untuk anakkan ayam ada hanya berupa air mineral saja.

2. Ayam Diberikan Campuran Pada Pakan Voer
Bagi sebagian peternak ayam menggunakan cara dalam mencampurkan pakan makanan voer dengan bahan pakan lainnya. Dapat sedikit menghemat biaya dan juga ayam dihasilkan juga tidak kalah berkualitas. Dari cara ini sudah dijamin cuma mengeluarkan biaya yang tidak berapa sangat hemat sekali. Karena dalam mencampurkan pakan makanan lainnya pakan voer yang mahal tidak akan cepat kehabisan.

Sedikit Memberitahukan Cara Merawat Anakkan Ayam Aduan Yang Masih Berumur 3 Bulan

1. Perawatan Ayam Diatas Usia 3 Bulan
Setelah ayam sudah menginjak di atas usia 3 bulan, kini anak ayam tersebut akan diberikan makanan. Yaitu makanan berupa voer yang berukuran besar seperti voer 594 yang dicampurkan dengan nasi putih. Tentunya untuk makanan voer mempunyai berbagai macam jenis yang berbeda. Dan selanjutnya berikan susu untuk ayam tersebut dan tidak perlu merogo kocek hingga harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli susu yang mahal. Susu murah juga sudah kaya akan berbagai macan vitamin dalam kandung tersebut. Untuk diberikan ke ayam yang sudah berusia 3 bulan ke atas tersebut.

2. Perawatan Ayam Yang Dibawah 3 Bulan

1. Memberikan Penerangan Yang Hangat
Untuk anakkan ayam yang masih dibawah 3 bulan harus memiliki tingkat suhu yang hangat agar ayam tidak terlalu kedinginan. Dikarenakan bulu ayam tersebut yang masih menjalar banyak atau bertumbuh banyak. Itu akan berakibat fatal untuk anakkan ayam tersebut dengan cara ini membuat ayam akan tampak lebih hangat, sehat dan aman dari segala angin yang mengahimpiri anakkan ayam tersebut.

2. Memperhatikan Anakkan Ayam Ketika Berkelahi
Ketika anakkan ayam sudah menginjak 3 bulan biasannya anakkan ayam sudah akan sedikit beraktivitas dalam merebut pakan makanan. Yang diberikan dan biasanya bagi anakkan ayam yang tidak mendapatkan cukup makanan akan berkelahi. Maka ketika anakkan ayam ingin kelahi harus segera memisahkannya agar tidak berkelanjutan yang dapat menimbulkan resiko pada anakkan ayam tersebut.

No comments:

Post a Comment